Cari Blog Ini

Minggu, 04 April 2010

Gempa Bumi

Gempa Berkekuatan 7,2 Skala Richter Guncang Baja California
Senin, 5 April 2010 | 07:46 WIB
(AP/Guillermo Arias)
Sejumlah orang berkerumun di sebuah lapangan parkir yang terletak di luar kediaman mereka setelah gempa yang dilaporkan semula berkekuatan 6,9 skala Richter mengguncang Tijuana, Meksiko, 4 April 2010

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Beberapa ahli seismologi di AS telah menaikkan tingkat guncangan gempa di Baja California, sebelah utara di Meksiko, dari 6,9 menjadi 7,2 derajad skala Richter. Ahli seismologi U.S. Geological Survey Lucy Jones menerangkan kekuatan guncangan gempa bumi yang berlangsung Minggu (4/4/2010) pukul 15.40 waktu setempat atau sekitar pukul 05.00 pagi ini WIB masih berupa estimasi.

Gempa bumi yang berpusat di selatan perbatasan California dengan Meksiko itu terasa guncangannya dalam skala wilayah yang luas sehingga sempat menggoyang beberapa gedung yang terletak di San Diego, Los Angeles, serta Arizona. Sejauh ini belum ada laporan kerusakan materi atau korban jiwa dari lokasi gempa.

Namun, pemadaman listrik dilaporkan terjadi di Arizona selatan serta Tijuana, Meksiko pascagempa bumi. Lucy Jones memperkirakan kerusakan materi kemungkinan besar terdapat pada wilayah yang dekat dengan pusat gempa seperti Mexicali, Meksiko serta beberapa kota di perbatasan AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar